SAGUSABLOG - Guru Milenial Wajib Punya Blog



SAGUSABLOG - Sahabat Ruguru tentu tidak asing lagi dengan IGI (Ikatan Guru Indonesia). Pasalnya organisasi yang resmi diinisiasi sejak tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia dibawah kepemimpinan Ahmad Rizali dan secara resmi berbadan hukum pada tanggal 26 November 2009 selalu aktif dalam kegiatan-kegiatan pengembangan kompetensi guru, salah satunya melalui Pelatihan Online SAGUSABLOG. Kegiatan rutin yang mereka selenggarakan ini telah sampai pada gelombang 40, yang tiap gelombangnya diikuti oleh ratusan guru-guru yang tersebar di seluruh Indonesia.



Kali ini saya berkesempatan untuk mengikuti Pelatihan Online SAGUSABLOG DASAR Gel. 40 (Satu Guru Satu Blog). Pelatihan ini diselenggarakan dari 8 - 14 Mei 2020 yang diikuti oleh 578 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Jumlah peserta sebanyak ini tentu tidak lepas dari kemudahan mengikuti kegiatan yang pasalnya diselenggarakan secara online sehingga mudah untuk diakses dimana saja dan kapan saja, selain itu tentu saja kegiatannya GRATIS. 


Pelatihan ini merupakan salah satu program pengembangan diri yang diprakarsai IGI (Ikatan Guru Indonesia) untuk memberikan pengetahuan kepada para guru di Indonesia tentang cara membuat media pembelajaran berbasis blog. Sebagai pemula tentu kegiatan ini sangat menantang dan menarik untuk diikuti, kami belajar membuat blog sesuai dengan modul pelatihan dan arahan pelatih Ibu Saryanti Sjarif dan Ibu Aminun Wulan Banawi pada kelas 40-Q.

Adapun materi yang disajikan pada pelatihan ini diantaranya:
  1. Membuat blog dengan blogger
  2. Mengganti dan mendesain template bawaan blogger
  3. Mendesain Header blog
  4. Mengelola dan menghias blog
  5. Membuat dan mengelola menu blog
  6. Membuat dan mengelola soal online di google drive
Tak tanggung-tanggung, peserta yang dinyatakan lulus dalam pelatihan ini akan diberikan sertifikat dari IGI (Ikatan Guru Indonesia) sebanyak 34 jam. Tidak hanya itu, sahabat Ruguru yang sudah lulus pada SAGUSABLOG Dasar dapat melanjutkan ke Pelatihan Online SAGUSABLOG Lanjutan.

Materi untuk tingkat lanjutan diantaranya:
  1. Membuat blog guru dengan engine blogger
  2. Mengganti template blog guru dengan template dari pihak ketiga
  3. Mendesain header blog guru dengan Adobe Photoshop
  4. Mengelola dan menghias blog guru
  5. Membuat soal online di google drive
  6. Costum domain dengan domain premium / domain gratis
  7. Monetize blog
  8. SEO (Search Engine Optimization)

Sebagai awal kegiatan pelatihan, kami mengikuti acara pembukaan SAGUSABLOG DASAR Gel. 40 (Satu Guru Satu Blog) oleh Mr. Mung


Itulah sedikit gambaran tentang kegiatan Pelatihan Online SAGUSABLOG yang sedang saya ikuti. Apabila sahabat Ruguru juga berminat memiliki blog dengan dibimbing dari dasar, tentu dapat mengikuti  kegiatan Pelatihan Online SAGUSABLOG pada gelombang selanjutnya. Untuk informasi lebih lanjut, sahabat Ruguru tetap pantau SAGUSABLOG IGI (Ikatan Guru Indonesia).



0 komentar